Tracking sama Marchita

Kalo mau googling ‘Surabaya Heritage Track’ pasti pada tau saya lagi ikutan tour sejarah apaan. Oya, ini late posting lho, saya ikutan acara ini sekitar awal Oktober gitu. Ceritanya, saya tau dari leaflet yang di share di twitter ada tematik tour dari House of Sampoerna. Nah, langsung mikir mau ngajak siapa sabtu-sabtu gitu dan pas lagi mikir eh keinget Marchita haha. Akhirnya dengan senang hati dia nemenin saya ikut tour :D. Jadi, saya sebenernya salah atur jadwal. Tematik tour ini dimulai jam 15.00-16.30, tapi saya ngebet dateng siangnya yang tour biasa jam 13.00-14.30. Berhubung rutenya asik, yah saya ngikut aja lah ke Monumen Tugu Pahlawan terus ke GNI, terakhirnya ke Gedung PTPN XI.

Tugu Pahlawan :*

Tugu Pahlawan gitu

Soekarno-Hatta Statues

Soekarno-Hatta Statues

Penunjuk Arah

Penunjuk Arah

Bung Tomo anak gaul Malang

Bung Tomo anak gaul Malang

Abis gitu kan sebenernya ke GNI, tapi lagi ada renovasi disana akhirnya langsung ke PTPN XI. Tempatnya ternyata dibelakang Masjid Kemayoran agak masuk dan belok-belok dikit. Kesan pertama pas lihat gedungnya itu waaaaaa bener-bener kayak istana. Such an ancient palace!. Sudah pernah lihat fotonya juga sih di banyak forum sejarah tapi nggak pernah ngerti lokasi gedungnya, begitu nyampe di parkirannya langsung mbatin ‘ini toh’. Pelataran depan gedung ini ada taman rerumputan luas banget sama pohon palem. Tampak luar, gedung ini ada retakan di bagian kanan sama kiri, waktu itu dijelasin juga sih kenapa retak begitu. Jadi kayak terbelah gitu, sayangnya, saya nggak dengerin guide nya bicara apa :p

boooo

boooo

keliatan kan retakannya?

keliatan kan retakannya?

pintu depan

pintu depan

its ceiling

its ceiling

tangganya boooooo

tangganya boooooo

door-handler

door-handler

Relief

Relief

Penanda gedung cagar budaya

Penanda gedung cagar budaya

Di PTPN XI, semua orang tiba-tiba jadi narsis gitu haha. Yaiyalah tempatnya aja asik banget. Peserta tour boleh masuk di lobby sama teras belakang, tapi saya sempet naik-naik ke tangga utama yang di lobby itu. Dindingnya rada serem tapi keren, banyak relief yang menggambarkan sumber daya alam dan pekerja-pekerja Indonesia. Konon, material bangunan ini masih asli dan dulunya di impor langsung dari Belanda. Bagi saya, yang paling awesome dari bangunan ini adalah kaca patri nya. Masing-masing kaca itu ada simbol yang beda-beda, terus yang paling keliatan sih ada simbol ikan Sura dan Buaya.

maaf kameranya jelek

maaf kameranya jelek

Puas di Gedung PTPN XI, kami masuk lagi ke bus dan balik ke House of Sampoerna. Nunggu beberapa menit sampai jadwal keberangkatan selanjutnya, Saya dan Marchita jalan ke Museum bentar. Ternyata oh tenyata Marchita belum pernah kesini sama sekali. Dia emang nggak seberapa interest sama sejarah, beda banget sama saya haha. Waktu di bus aja dia bilang dia pengen tidur. Dasar. Nah, menjelang keberangkatan Tematik Tour, saya sama marchita udah nggak kebagian seat karna abis dibooking sama orang-orang Jepang gitu. Kalo mereka masih muda gitu masih bisa diajak negosiasi, tapi mereka udah tua-tua meeen. Saya nggak berani. Sigh.

Terus mas Farid —tour guide— mungkin kasian sama kami berdua yang keliatan putus asa, dia akhirnya nawarin mau nggak duduk dikursi guide paling depan?. Sempet mikir-mikir tapi yaudah lah daripada nggak kebagian seat sama sekali. Btw mas Farid kamu baik deh :* haha.

Ohya, sesuai temanya, LST Tour, tour tematik ini jalannya ke Rumah Liem Seeng Tee. Kalo pengen tau siapa itu Liem Seeng Tee, yah baca sendiri aja lebih enak, jaman sekarang kan internet udah murah ;)

LST Residence

LST Residence

Pintu Utama

Pintu Utama

keramik asik di dindingnya

keramik asik di dindingnya

ubinnya vintage banget

ubinnya vintage banget

Lokasi rumah ini sendiri ada di Jl. Ngaglik, jadi kalo dari traffic light setelah Taman Remaja Surabaya, belok kanan terus lurus dikit deket SMAN 7 Surabaya. Satu hal tentang rumah ini adalah relief di dinding samping bangunan utama yang saya takut lihatnya entah kenapa. Ada filosofinya juga sih, pokoknya banyak relief disini. Ada lagi di dinding atas bangunan sebelah kiri tapi cuman mirip simbol gitu dan mungkin keliatan dari jalan depan. Ini saya kasih tau reliefnya.

Entah kenapa saya takut lihat ini

Entah kenapa saya takut lihat ini

Sebelah rumah ini ada kedai jamu Iboe yang ternyata pendirinya juga masih kerabat sama Liem Seeng Tee, semua peserta tour dapet sinom di gelas kecil, saya sih ngambilin permen jamunya. Lumayan haha.

WP_000666

WP_000667

Dari sini seharusnya kami ke Penjara Koblen tapi waktu itu nggak bisa masuk karna dipinggirannya banyak banget orang jual kambing. Maklum mau Idul Adha dan nggak mungkin juga nurunin turis-turis disana. Jadi cuman berhenti sebentar sambil dijelasin sejarahnya Penjara Koblen, sayangnya, tempat ini sama sekali nggak terawat. Nasibnya mirip-mirip Penjara Kalisosok gitu deh. Udah segitu doang tour nya terus balik lagi ke House of Sampoerna dengan letih disekujur badan haha

One thing I have to noted is none can take my picture perfectly but Eksyan. Banyak tempat bagus seharian itu tapi saya sama sekali nggak napsu selfie-selfiean. Kalo sama Eksyan, rasanya mau pake kamera apa aja jadinya sesuai dan seeing-able. Bahasa apaan sih zzzzzzz

Advertisements

About Astrid Nur Aryani

Mostly about sweet soysauce. No chilli, please.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Me Today

November 2013
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Me Goodreads

Me Tweets

  • RT @disneywords: I am at war with myself. –P.L. Travers (Saving Mr. Banks) 2 days ago
  • RT @PEMBIMBINGUTAMA: BAGAIMANA INI ISTRI SAYA, OBAT NYAMUK SEMPROT BERLABEL "ONE PUSH" KOK DISEMPROT DUA KALI. KURANG PUAS KATANYA JIKA HAN… 2 days ago
  • RT @pinotski: Shalat Eid di jalanan dekat rumah. Bunyi takbir & lonceng gereja bersahutan. https://t.co/1KF0sZBs7X 3 days ago
  • RT @seterahdeh: cewek jadi wasit bola 👩 priiit 👦 kenapa sit? 👩 hmm ga jadi deh 👦 trus kenapa niup pluit? 👩 udah ah, males ngebahasnya 4 days ago
  • RT @seterahdeh: "gimana kakek bs ketemu nenek?" kalo sinyal lg jelek nenek sabar nunggu ga marah2 ngemention akun providernya sejak itu ka… 4 days ago
  • RT @seterahdeh: yang sampe detik ini bukbernya belom terealisasi? 🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋🙋… 4 days ago
  • RT @PEMBIMBINGUTAMA: NYAMUK INI DI SETIAP DAERAH SAMA SAJA PERILAKUNYA 5 days ago

Me Reader

  • 4,970 hits

Me Facebook

Astrid’s Post

%d bloggers like this: